Senin, 15 Februari 2010

Nasehat Menasehati



Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Salam  bersabda  :  “Agama  itu   nasehat”,  kami  bertanya,  “untuk  siapa?”,  Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wa Salam menjawab : “Untuk Alloh, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Nya,  para  pemimpin  kaum  muslimin  dan  kaum  muslimin  secara umum.” (HR Bukhari).
Di  antara  hal  yang  paling  berharga  yang  saya  peroleh  dari  guru saya yang mulia, Ali bin Hasan bin Abdul Hamid al-Halabi al-Atsari –semoga  Alloh  menjaga  dan  meluruskan  langkah  beliau-,  beliau berkata  kepadaku  :  “Wahai  saudaraku,    jika  kamu  melihat kesalahan padaku, maka wajib bagimu untuk menegur kesalahanku tersebut.  Jika hal  itu  salah, maka  saya pasti akan bertaubat.  Jika saya  nilai  teguranmu  salah,  niscaya  saya akan menjelaskan  yang benar.
Kemudian  wahai  saudaraku,  janganlah  kamu  sembunyikan  apa yang kamu lihat di dalam hatimu, padahal hal itu kamu nilai sebagai suatu kesalahan. Saya adalah seorang manusia yang bisa salah dan akan  salah  serta  bersalah.  Jika  kamu  tinggalkan  teguran,  niscaya akan  bertumpuk  kesalahan-kesalahanku  sampai  menjadi  suatu kebencian  antara  diriku  dan  dirimu,  dan  ini  adalah  perkara  yang saya tidak menyukainya dan tidak menginginkannya.”

Maktabah Abu Salma Al-Atsari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar